Tips

Investasi Reksadana Menguntungkan Bagi Semua Orang

Melakukan investasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kehidupan finansial di masa yang akan datang sehingga akan tetap terjaga dengan baik dan bagusnya dilakukan investasi sejak dini. Tidak harus menunggu tua untuk melakukan investasi Karena kini banyak sekali anak muda yang sudah mulai menjadi investor. Kini ada investasi yang cukup populer di kalangan masyarakat dan keuntungan yang dihasilkan juga cukup banyak. Investasi tersebut disebut dengan investasi reksadana yang merupakan kumpulan dana yang sengaja dikelola guna melakukan pembelian saham atau instrumen keuangan yang lain.

Langkah Melakukan Investasi Reksadana

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan investasi reksadana. Berikut beberapa langkah tersebut.

– Memilih jenis reksadana

Langkah pertama yang dilakukan untuk memulai investasi reksadana adalah dengan melakukan pemilihan reksadana. Perlu diketahui bahwasanya ada sekitar 800 produk yang terjual sehingga Anda bisa bebas memilih manapun yang Anda inginkan. sebelum melakukan pembelian usahakan untuk mencari informasi terlebih dahulu mengetahui berbagai produk reksadana tersebut sehingga bisa memilih produk yang tepat. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait sehingga tidak perlu pusing-pusing untuk mendapatkan informasi tersebut.

– Datang ke tempat penjualan

Apabila Sudah menentukan jenis reksadana yang akan digunakan langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan pergi ke tempat penjualan reksadana tersebut. Untuk lebih mempermudah maka bisa mencari tahu terlebih dahulu di situs Manajer Investasi sehingga bisa mengetahui apakah bisa membeli langsung maupun ke agen penjual. Ketika sudah mengetahui Dimana tempat penjualan reksadana tersebut maka Anda hanya perlu datang dan kemudian membuka rekening investasi. Apabila di bank maka lebih baik datang ke kantor bank cabang utama sehingga bisa lebih mudah dalam melakukan pembukaan rekening investasi.

– Membeli Reksadana

Jika sudah mendatangi tempat yang menyediakan reksa dana tersebut maka Anda bisa langsung melakukan pembelian dan harus mentransfer sejumlah uang ke rekening Reksadana tersebut. Selanjutnya yakni dengan mengirimkan bukti transfer kepada customer service manajer investasi karena akan diproses untuk pembelian awal. Ketika menggunakan rekening penyetoran maka harus menggunakan nama reksa dana bukan menggunakan rekening pribadi atau perusahaan. Apabila melakukan pembelian dari agen penjual maka harus mengisi formulir dengan nominal yang nantinya dipotong dari rekening.

Kelebihan Melakukan Investasi Reksadana

Setelah mengetahui langkah-langkah untuk melakukan investasi reksadana maka selanjutnya perlu mengetahui keuntungan yang didapatkan oleh investor.

– Biaya terjangkau

Pada dasarnya Keuntungan utama dari investasi reksadana ini adalah bisa menggunakan biaya dengan nominal yang tidak besar. Bahkan ketika akan memulai investasi bisa dengan modal Rp10.000. Dengan demikian maka risiko kerugian akan sangat kecil. Apalagi keuntungan yang dihasilkan dari investasi ini sangatlah besar bahkan bisa melebihi investasi emas. Sudah banyak sekali orang yang mencoba investasi reksadana bahkan untuk para pemuda sekalipun.

– Investasi aman

Dana investasi yang disetorkan akan selalu ada dalam kondisi yang aman karena tidak dipegang oleh perusahaan manajer investasi secara langsung. Dana tersebut dititipkan di rekening bank yang khusus yang disebut sebagai bank kustodian. Untuk itu maka tidak perlu khawatir jika dana yang disetorkan akan hilang karena keamanan berinvestasi Reksadana sangat terjamin.

Demikianlah beberapa hal yang terkait dengan investasi reksadana. Jika tertarik untuk melakukan investasi maka segera melakukan pembelian Reksadana dan menyetorkan uang. Dengan demikian maka keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak.